Ingin Cari Solusi Anak Susah Makan? Hindari Hal-Hal Berikut!

Ingin Cari Solusi Anak Susah Makan? Hindari Hal-Hal Berikut!

4 bulan yang lalu

Susah makan pada si Kecil menjadi tantangan untuk Ibu, sehingga Ibu akan melakukan hal apapun yang penting si Kecil mau makan. Solusi anak susah makan yang dilakukan oleh Ibu bisa salah langkah, karena Ibu telah membangun pola pikir “yang penting anak saya makan!”. Hal-hal tersebut mungkin bisa menjadi solusi jangka pendek agar si Kecil mau makan, namun akan menimbulkan dampak yang negatif pada jangka panjang, seperti anak akan semakin menjadi picky-eater di waktu kedepannya.

Pola pikir “yang penting anak saya makan!” harus dihindari, dengan pola pikir seperti itu akan memicu munculnya tindakan-tindakan seperti menyuap, mempermalukan anak, menghukum, memaksa, dan memberikan pengalihan. Hal-hal tersebut yang dianggap menjadi solusi anak susah makan, namun harus dihindari.

 

1. Menyuap

Menyuap biasa dilakukan Ibu saat anak ingin berhenti makan, namun Ibu seringkali memaksa anak untuk menghabiskan makanannya. Maka timbullah tindakan menyuap seperti “Jika Anda makan tiga suap nasi lagi, Anda bisa mendapatkan es krim!”.

 

2. Mempermalukan Anak

Biasanya, tindakan mempermalukan anak ini dilakukan dengan cara membandingkan anaknya dengan orang lain, entah dengan kakak, adik, atau teman sebayanya. Contohnya, Ibu akan berbicara seperti ini “Kakak kamu selalu suka makan sayur yang sudah Ibu masak, kenapa kamu tidak bisa seperti Kakak dalam menghabiskan sayur?”.

 

3. Menghukum

Salah satu solusi anak susah makan menurut Ibu adalah memberikan anak hukuman. Namun, menghukum bukanlah solusi yang efektif, karena bisa menyebabkan anak merasa tertekan dan semakin tidak ingin makan. Contoh dari tindakan hukuman seperti tidak memperbolehkan anak main ke luar rumah bersama temannya jika anak belum menghabiskan makan siangnya.

 

4. Memaksa

Terlalu memaksa juga menyebabkan anak merasa tertekan dan semakin tidak ingin makan. Pemaksaan biasa dilakukan dengan meminta secara berkali-kali dengan intonasi suara yang agak tinggi agar anak makan, kemudian tidak memperbolehkan anak tersebut untuk meninggalkan meja makan sebelum makanannya habis atau diberikannya batasan sekian suap lagi baru anak boleh meninggalkan meja makan.

 

5. Memberikan Pengalihan

Memberikan pengalihan ini menjadi hal yang sering dilakukan dan dianggap sangat ampuh agar anak mau makan. Hal tersebut perlu dihindari karena bisa menyebabkan anak menjadi ketergantungan. Pengalihan yang biasanya dilakukan adalah dengan membiarkan anak menonton televisi atau bermain gawai atau gadget ketika sedang makan.

Itulah dia hal-hal yang perlu dihindari, meskipun dianggap menjadi solusi si Kecil susah makan, hal tersebut dapat menjadi solusi yang ampuh pada jangka pendek saja. Dari pada melakukan hal-hal di atas, lebih baik Ibu mencari tahu terlebih dahulu kenapa si Kecil tidak mau makan. Ketika sudah mengetahui penyebabnya, temukan solusinya tanpa melakukan hal-hal yang perlu dihindari seperti yang telah dijelaskan di atas.

Biasanya anak tidak makan karena merasa tertekan, namun Ibu dapat membiarkan anak makan sendiri dengan kecepatan yang tidak diatur sehingga mereka dapat menikmati makanannya tanpa merasa tertekan. Kemudian, anak biasanya merasa bosan dengan makanan yang mereka makan, maka Ibu bisa memasak makanan variasi baru atau menyajikannya dengan cara yang baru.

 

Baca Juga: Penting! Tetap Jaga Nutrisi si Kecil yang Susah Makan

 

Ibu juga perlu mengetahui bahwa anak tersebut sedang lapar atau tidak dan pastikan bahwa anak tidak dalam kondisi kembung karena terlalu banyak minum, jika tidak lapar atau kembung biasanya mereka akan menolak untuk makan. Pastikan juga bahwa porsi yang diberikan cukup, sehingga si Kecil dapat menghabiskan makanannya. Penting juga bahwa anak fokus makan, hindari distraksi seperti melakukan makan dan menonton secara bersamaan, biasanya anak akan lebih fokus ke menonton daripada makan.

Itu dia cara mengatasi anak susah makan. Solusi anak susah makan selain yang telah disebutkan di atas, dapat juga dengan diberikan tambahan nutrisi Padat kalori.  Konsultasikan masalah pertumbuhan si kecil dengan dokter spesialis anak, dan ibu mungkin direkomendasikan PediaComplete, yang sebelumnya hadir dengan nama PediaSure Complete.

Untuk informasi lebih lanjut seputar kandungan nutrisi dalam PediaComplete, Ibu dapat mengunjungi halaman produk di sini. Sebelum itu, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Anak kesayangan si Kecil dan keluarga, ya!

 

SUMBER:

‚óŹ        10 Reasons Your Child Isn’t Eating at Meals (and What to Do!). (n.d.). Retrieved June 5, 2021, from https://www.sarahremmer.com/10-reasons-why-your-child-refuses-to-eat-and-what-to-do/

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop