7 Cara Memilih Susu Penambah Nutrisi untuk Berat Badan Anak dan Rekomendasinya

7 Cara Memilih Susu Penambah Nutrisi untuk Berat Badan Anak dan Rekomendasinya

8 bulan yang lalu
Dibaca 1,86 ribu
5 Menit membaca

Berat badan ideal anak merupakan faktor penting dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan optimal. Untuk mencapai berat badan yang ideal, asupan nutrisi di masa pertumbuhan perlu menjadi perhatian utama.

Menurut standar World Health Organization (WHO), berat badan ideal pada anak dapat dilihat dari kurva pertumbuhan dan nilai z-score yang mencerminkan perbandingan antara berat badan anak dengan standar WHO untuk usia dan jenis kelamin yang sama. Anak dengan nilai z-score antara -2 dan +2 dianggap memiliki berat badan yang ideal.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan susu penambah nutrisi pada anak. Nutrisi penambah berat badan yang baik untuk anak seharusnya mengandung protein, kalsium, vitamin D, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan otot. Susu penambah berat badan 6-12 tahun dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu melengkapi asupan nutrisi pada anak sesuai kebutuhan dan usia.

Namun, perlu diingat bahwa susu bantu lengkapi nutrisi ini bukan satu-satunya sumber nutrisi bagi anak. Ibu juga harus memastikan bahwa anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari makanan sehari-hari yang bervariasi. Dengan demikian, anak dapat tumbuh sehat dan mencapai berat badan yang ideal secara alami dan sehat.

Bagaimana Cara Memilih Nutrisi Tambahan yang Tepat?

Pemilihan nutrisi tambahan bagi anak membutuhkan ketelitian dan sebaiknya turut mendapatkan masukan dari ahli gizi atau dokter anak. Apalagi, banyak pilihan produk atau jenis asupan makanan dan minuman yang tersedia. Asupan makanan sehat dan seimbang tentu penting sebagai sumber nutrisi harian anak-anak.

Tapi, anak juga bisa mendapatkan nutrisi tambahan yang bisa menjadi pilihan melalui susu penambah nutrisi. Dalam memilih susu penambah nutrisi, ibu perlu memperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat pada produk tersebut, serta manfaat yang bisa didapat sesuai dengan usia dan kebutuhan anak.

5 Manfaat Susu Sebagai Nutrisi Tambahan

Ternyata, ada beberapa beberapa manfaat susu sebagai nutrisi tambahan. Beberapa di antaranya, yakni:

1. Sumber protein berkualitas

Susu merupakan sumber protein yang baik untuk pertumbuhan Anak. Protein adalah salah satu komponen penting dalam pembentukan sel dan jaringan tubuh. Susu mengandung protein seperti kasein dan whey, yang memiliki kualitas tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh Anak. Protein dalam susu membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot, kulit, dan tulang, serta mendukung sistem daya tahan tubuh Anak.

2. Kalsium untuk tulang

Susu mengandung kalsium yang penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang Anak. Kalsium adalah mineral esensial yang membantu dalam pembentukan tulang dan gigi, serta menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Konsumsi kalsium yang cukup sejak dini sangat penting untuk mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari.

3. Vitamin D

Vitamin D dalam susu membantu penyerapan kalsium oleh tubuh, sehingga tulang Anak menjadi lebih kuat. Vitamin D membantu meningkatkan penyerapan kalsium di usus dan mengatur konsentrasi kalsium dan fosfat dalam darah. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang rapuh dan rentan terhadap patah.

4. Sumber energi

Susu mengandung lemak dan karbohidrat yang menjadi sumber energi bagi Anak. Lemak dalam susu, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, penting untuk perkembangan otak Anak dan kesehatan jantung. Karbohidrat dalam susu, seperti laktosa, membantu memberikan energi yang dibutuhkan Anak untuk pertumbuhan dan aktivitas sehari-hari.

5. Membantu pencernaan

Susu mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan Anak. Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di usus dan membantu menjaga keseimbangan mikroba usus. Konsumsi probiotik secara rutin dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, dan sindrom iritasi usus. Selain itu, probiotik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anak.

7 Cara Memilih Susu Penambah Nutrisi untuk Berat Badan Anak

Lalu, bagaimana cara memilih susu penambah nutrisi untuk berat badan anak? Berikut beberapa cara yang bisa dicoba:

1. Perhatikan kandungan protein

Pastikan susu yang Ibu pilih memiliki kandungan protein yang cukup untuk mendukung pertumbuhan Anak. Protein dalam susu, seperti kasein dan whey, mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otot, tulang, dan jaringan tubuh Anak. Bacalah informasi nutrisi yang ada pada kemasan susu untuk mengetahui kandungan protein yang ada dan pastikan sesuai dengan kebutuhan Anak.

2. Pilih susu yang mengandung kalsium dan vitamin D

Kalsium dan vitamin D penting untuk pertumbuhan tulang Anak yang kuat dan sehat. Kalsium membantu membangun tulang dan gigi yang kuat, sementara vitamin D memfasilitasi penyerapan kalsium oleh tubuh. Untuk itu, pastikan susu mengandung kadar kalsium dan vitamin D yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari anak.

3. Pilih susu yang mengandung lemak dan karbohidrat

Susu yang mengandung lemak dan karbohidrat akan membantu Anak mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang. Lemak, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, penting untuk perkembangan otak dan kesehatan jantung Anak. Karbohidrat, seperti laktosa, menjadi sumber energi untuk aktivitas sehari-hari Anak. Periksa kemasan untuk memastikan kandungan lemak dan karbohidrat yang seimbang.

4. Cek label nutrisi

Perhatikan informasi nutrisi yang tertera pada kemasan susu, dan pastikan susu tersebut memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk Anak. Selain protein, kalsium, dan vitamin D, periksa juga kandungan vitamin dan mineral lain yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan Anak yang sehat.

5. Sesuaikan dengan usia anak

Pilih susu yang sesuai dengan usia anak, misalnya susu penambah berat badan 6-12 tahun untuk Anak yang berada di rentang usia tersebut. Susu yang diformulasikan khusus untuk kelompok usia tertentu mengandung kandungan nutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan Anak pada tahap tersebut.

6. Pilih susu yang mengandung probiotik

Probiotik dalam susu dapat membantu kesehatan pencernaan Anak. Probiotik adalah bakteri baik yang membantu menjaga keseimbangan mikroba usus dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Susu yang mengandung probiotik akan membantu menjaga kesehatan pencernaan Anak dan mengurangi risiko gangguan pencernaan.

7. Pertimbangkan kebutuhan khusus anak

Jika Anak memiliki alergi atau kondisi khusus, pilih susu yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Misalnya, susu bebas laktosa untuk Anak yang intoleransi laktosa. Konsultasikan dengan dokter anak mengenai kebutuhan khusus Anak sebelum memilih susu yang tepat.

Setelah mengetahui 7 cara memilih susu penambah nutrisi untuk berat badan Anak, Ibu perlu memastikan bahwa susu yang dipilih benar-benar dapat membantu Anak mencapai berat badan ideal. Jangan lupa untuk mengkonsultasikan pilihan susu dengan dokter anak, terutama jika Anak memiliki kebutuhan khusus atau alergi.

Selain memberikan susu penambah nutrisi, Ibu juga perlu memperhatikan asupan makanan sehari-hari Anak. Berikan makanan yang seimbang dan kaya akan nutrisi, seperti sayuran, buah, protein, dan karbohidrat. Jangan lupa untuk mengajak Anak untuk berolahraga secara rutin, agar Anak memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Terakhir, selalu ingat bahwa setiap Anak memiliki tahapan pertumbuhan yang berbeda-beda. Jadi, jangan terlalu fokus pada angka berat badan semata. Yang terpenting adalah Anak tumbuh dengan sehat, bahagia, dan mencapai potensi maksimalnya sekaligus dikelilingi oleh lingkungan yang suportif dan juga sehat bagi pertumbuhannya.

Rekomendasi Asupan Penambah Nutrisi Anak

Salah satu nutrisi penambah berat badan yang bisa Ibu berikan untuk anak adalah PediaComplete.  Perlu dipahami bahwa PediaSure merupakan nutrisi tambahan yang berperan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Terdapat berbagai varian rasa, seperti classic milky, vanilla, madu, dan coklat, yang bisa disesuaikan dengan kesukaan anak. PediaSure mengandung arginin, vitamin K2, triple protein, serta DHA, AA, dan Omega-3.

Tidak hanya itu, segelas Pediasure juga mengandung campuran prebiotik FOS dan probiotik L. acidophilus, 14 vitamin, dan 9 mineral. Dengan sukrosa yang lebih rendah hingga 42%, rasa PediaSure tetap enak dan tersedia dalam berbagai ukuran kemasan yang terjangkau. Yuk, dukung pertumbuhan anak dengan memberikan PediaSure sebagai nutrisi tambahan yang berkualitas dan lezat setiap harinya.

 

 

 

SOURCE:

https://www.who.int/tools/child-growth-standards/standards/weight-for-age

https://medlineplus.gov/ency/article/002456.htm

https://www.verywellfamily.com/milk-nutrition-and-recommendations-for-kids-2633871

https://www.webmd.com/digestive-disorders/prebiotics-overview