Standar Tinggi Anak Sesuai Usia Sebagai Acuan Tumbuh Kembang

Standar Tinggi Anak Sesuai Usia Sebagai Acuan Tumbuh Kembang

2 minggu yang lalu

Pertumbuhan nyata optimal anak dapat dilihat dari kesesuaian tinggi dan berat badannya dengan tahap usianya. Pertumbuhan merupakan perkembangan fisik yang diukur dari perkembangan tinggi dan berat badan seseorang. Berdasarkan studi klinis nutrisi memengaruhi 80% dari pertumbuhan anak.

Sebagai acuan berikut tabel tinggi anak menurut usia dapat dilihat di bawah ini.

 

Tinggi Badan Anak Laki-laki yang Ideal Menurut WHO:

 

Usia

Tinggi (cm)

1 tahun

72 - 78 cm

2 tahun

82 - 92 cm

3 tahun

83 - 95 cm

4 tahun

84 - 97 cm

5 tahun

85 - 98 cm

 

 

Tinggi Badan Anak Perempuan yang Ideal Menurut WHO:

 

Usia

Tinggi (cm)

1 tahun

70 - 78 cm

2 tahun

80 - 92 cm

3 tahun

82 - 95 cm

4 tahun

83 - 97 cm

5 tahun

84 - 98 cm

 

Jika anak memiliki tinggi yang tidak sesuai berdasarkan tabel tinggi anak menurut usia, risiko gangguan pertumbuhan mungkin saja terjadi. Gangguan pertumbuhan dapat berupa gangguan pencernaan dan penyakit lain seperti jantung, paru-paru, dan stres sehingga pertumbuhan anak terganggu, kemudian produksi hormon yang kurang baik entah terlalu banyak ataupun sedikit, dan anak terlihat lebih kecil dan pendek dibandingkan dengan anak seusianya. Anak terlihat lebih kecil dan pendek biasa disebut dengan stunting.

Kondisi anak memiliki tinggi badan yang rendah dibandingkan anak seusianya dan disebabkan oleh kurangnya gizi, infeksi berulang, dan stimulasi sosial yang buruk disebut stunting. Organisasi kesehatan dunia atau WHO mendefinisikan stunting sebagai anak-anak yang pertumbuhan tingginya terhambat dan di bawah rata-rata pertumbuhan anak menurut WHO. Stunting disebabkan oleh gizi yang buruk karena kurangnya akses pada makanan yang beragam, kurangnya akses air minum yang bersih, kurangnya fasilitas kesehatan yang layak pada ibu dan anak, dan stimulasi psikososial pada orang tua dan anak yang tidak memadai.

Stunting memiliki dampak yang terjadi jangka panjang pada anak, siklusnya bisa berputar. Jika anak dari kecil sudah memiliki pertumbuhan yang tidak sesuai dengan usianya, maka pertumbuhan seperti itu akan berlanjut hingga ia dewasa. Pada anak perempuan, anak tersebut akan melahirkan anak yang pertumbuhannya lebih kecil daripada anak seusianya juga.

Risiko lain dari tidak sesuainya tinggi dan usia anak berdasarkan tabel tinggi anak menurut usia disebabkan oleh faktor genetik atau bawaan dari tinggi orang tua, aktivitas yang kurang seperti berolahraga renang atau lompat tali, dan nutrisi yang kurang.

Cara mengatasi hal ini dapat dilakukannya olahraga yang teratur seperti renang, lompat tali, lari pagi, bermain bola basket, badminton dan lain-lain yang dapat membantu pertumbuhan tulang. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup setelah beraktivitas, si Kecil bisa dianjurkan untuk melakukan tidur siang dan banyak minum air putih. Kemudian, penuhi si Kecil nutrisi yang baik dan seimbang dengan konsumsi makanan yang tinggi kalsium, fosfor, dan protein.

Namun, jika pertumbuhan anak tidak sesuai dengan tabel tinggi anak menurut usia, orang tua dapat berkonsultasi ke dokter untuk memeriksa status pertumbuhan anak. Jika ada pertumbuhan yang tidak sesuai, maka akan dicari lebih lanjut penyebabnya dan dokter akan menyarankan anak untuk konsumsi oral nutritional supplement seperti PediaSure Complete.

PediaSure Complete kini sudah berubah namanya menjadi PediaComplete. Kandungan PediaComplete yaitu kalori yang padat, AA dan DHA, campuran lemak nabati, rendah laktosa, 14 vitamin dan 9 mineral yang baik dan dapat membantu mengejar pertumbuhan yang optimal agar si Kecil dapat tumbuh sehat dan gembira. Untuk mengetahui informasi lainnya mengenai pertumbuhan dan produk PediaComplete kunjungi www.pediasure.co.id.

 

Sumber:

Tinggi Badan Anak yang Ideal dan Cara Memaksimalkan Pertumbuhannya - Alodokter. (n.d.). Retrieved May 9, 2021, from https://www.alodokter.com/tinggi-badan-anak-yang-ideal-dan-cara-memaksimalkan-pertumbuhannya

Characteristics of Growth and Development ~ Medical Study. (n.d.). Retrieved May 9, 2021, from https://www.medicalstudyinfo.com/2018/01/growth-and-development-definition.html?m=1

Stunting: What it is and what it means | Concern Worldwide U.S. (n.d.). Retrieved May 9, 2021, from https://www.concernusa.org/story/what-is-stunting/

Gangguan Pertumbuhan | Tanda dan Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, Cara Mencegah. (n.d.). Retrieved May 9, 2021, from https://www.sehatq.com/penyakit/gangguan-pertumbuhan

3 Faktor yang Memengaruhi Tinggi Badan. (n.d.). Retrieved May 9, 2021, from https://www.halodoc.com/artikel/3-faktor-yang-memengaruhi-tinggi-badan

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop