Pentingnya Ajarkan Tanggung Jawab Lewat Kegiatan Anak di Rumah

Pentingnya Ajarkan Tanggung Jawab Lewat Kegiatan Anak di Rumah

10 bulan yang lalu
Dibaca 1,77 ribu

Bertanggung jawab adalah kepribadian yang penting untuk dimiliki. Kesadaran akan pentingnya tanggung jawab harus dimulai sejak dini dari keluarga. Oleh sebab itu, Ibu dapat mulai mengajarkan si Kecil akan pentingnya tanggung jawab.

Pendidikan soal tanggung jawab bisa dimulai memberikan dia pemahaman soal itu. Tanggung jawab memiliki banyak arti, tapi pada dasarnya bertanggung jawab kemampuan untuk menjadi orang yang bisa diandalkan. Selain itu, tanggung jawab sama dengan memenuhi komitmen dan omongannya bisa dipercaya, dan banyak lagi. Di usia dini, bertanggung jawab bisa diartikan dengan mampu menerima respons positif ketika si Kecil melakukan hal yang benar, dan mengakui jika dia melakukan kesalahan.

Beberapa kegiatan anak di rumah yang dapat dilakukan untuk mengajarkan si Kecil mengenai tanggung jawab antara lain:

 

Berikan contoh bagi si Kecil

Anak kecil adalah peniru terbaik. Untuk mengajarkan dia cara bagaimana menjadi orang yang bertanggung jawab adalah memberi contoh mulai dari hal yang terkecil. Hal-hal kecil seperti memberi perhatian pada teman, tetangga, dan orang-orang terdekat, membantu di lingkungan, dan menunjukkan bahwa Ibu atau orang tua dapat diandalkan. Jika janjian datang tepat waktu, mengakui ketika salah, dan meminta maaf. Jika si Kecil melihat bentuk tanggung jawab yang nyata, maka dia akan melakukan hal yang sama.

Memberinya ‘tugas’ ketika di rumah

Tidak perlu yang berat-berat, Ibu bisa memberi si Kecil kegiatan anak di rumah yang ringan dan sesuai dengan usia dan kemampuannya. Berikan dia kesempatan untuk menyaksikan orang rumah melakukan tugas-tugas seperti melipat baju, membuang sampah, atau membereskan meja makan lalu biarkan dia turut melakukannya. Jika tugas tersebut dapat dikuasai, maka berilah dia tanggung jawab untuk itu.

Jika si Kecil melakukan kesalahan, beri tahu letak kesalahannya dan cara memperbaikinya, dan jika dia melakukannya dengan benar, beri dia pujian dan akui kerja kerasnya. Dengan demikian, si Kecil akan merasa telah berkontribusi dan dapat bertanggung jawab atas kegiatan anak di rumah yang telah dilakukan dilakukan.

Perasaan diterima dan diakui dapat berdampak positif baginya. Jika sudah bisa membaca, beri dia catatan atau to-do list yang bisa ditandai jika telah selesai satu per satu. Sesekali berilah reward sebagai pengakuan atas tanggung jawab yang diembannya dalam kegiatan anak di rumah.

Beri si Kecil pemahaman soal uang

Salah satu pendidikan tanggung jawab yang cukup krusial terutama di masa depan adalah mengenai uang. Untuk itu, terlepas dari reward atas tugas-tugas yang berhasil diselesaikan, mulai beri dia allowance atau uang jajan. Berikan pemahaman mengenai cara mengelola uang dengan baik dan benar. Berapa persen disisihkan untuk bersedekah, berbagi, ditabung, dan digunakan untuk apapun. Dengan demikian, si Kecil akan mulai memahami mengenai bagaimana uang bekerja dan bertanggung jawab atas apa yang dia miliki.

Baca Juga: 4 Kegiatan Kreatif Anak TK Untuk Dukung Perkembangannya

Ajari mempersiapkan keperluan sekolah sendiri

Seragam, buku, dan tugas. Tiga hal penting yang di usia tertentu sebaiknya Ibu mulai ajarkan si Kecil untuk mempersiapkannya sendiri. Jika ada tugas atau PR yang harus dikerjakan, dengan dia memahami tanggung jawabnya, dia akan mengerjakan tanpa harus diingatkan. Begitu juga soal tanggung jawab atas seragam, keperluan, dan pakaian yang lainnya. Dengan memahami tanggung jawabnya, si Kecil juga otomatis memahami konsekuensi yang harus diterima untuk hal ini.

Binatang peliharaan

Memiliki binatang peliharaan menjadikan anak memahami bukan saja tanggung jawab tapi kasih sayang atas makhluk hidup. Dia mendapatkan pelajaran mengenai konsep rasa sayang antar makhluk yang berbeda. Kegiatan anak di rumah ini bisa berupa memberinya makanan, membersihkan kandang/aquarium, dan masih banyak lagi.

Tanggung jawab dan kecerdasan sangat erat terkait. Untuk memperkuat kecerdasan dan ketangkasan saat mengemban tanggung jawab, si Kecil tentu membutuhkan nutrisi yang seimbang. Nutrisi bisa didapat dari berbagai sumber makanan atau segelas susu. Selain meningkatkan kecerdasan, nutrisi yang cukup juga bisa memberinya energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

 

PediaSure adalah nutrisi untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. PediaSure tersedia dalam rasa Vanila, Madu, Coklat, dan Classic Milky dengan ukuran mulai dari 200gr hingga 1800gr tergantung varian rasa.

Untuk lebih memahami soal nutrisi anak, Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter anak maupun dokter gizi. Kunjungi laman resmi PediaSure untuk informasi lebih lanjut mengenai kandungan nutrisi yang terdapat dalam segelas PediaSure.

Tak ketinggalan, Ibu juga bisa memberikan asupan nutrisi padat kalori untuk bantu pertumbuhan si Kecil. PediaSure Complete, yang kini telah berganti nama menjadi PediaComplete merupakan nutrisi tambahan bisa dijadikan pilihan dengan kandungan yang telah disesuaikan rekomendasi WHO.

Untuk informasi lebih lanjut seputar kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, Ibu dapat mengunjungi halaman produk PediaComplete di sini, serta pastikan untuk selalu melakukan konsultasi dengan Dokter Spesialis kesayangan si Kecil dan keluarga.

 

 

Sumber:

Teaching Responsibility to Children - The Center for Parenting Education. Retrieved on December 6 2021, from https://centerforparentingeducation.org/library-of-articles/responsibility-and-chores/developing-responsibility-in-your-children/

Developing Responsibility in Kids Ages 8-11 - Today.com (2020). Retrieved on December 6 2021, from https://www.today.com/parenting-guides/developing-responsibility-kids-ages-8-11-t179128