Tips Mudah Lengkapi Nutrisi Anak 1 Tahun yang Sulit Makan

Tips Mudah Lengkapi Nutrisi Anak 1 Tahun yang Sulit Makan

6 hari yang lalu

Tahukah Ibu bahwa setelah usia 1 tahun si Kecil mengalami pertumbuhan fisik sekitar 50%? Bukan hanya itu saja, pada usia ini, si Kecil pun akan memiliki otak yang berukuran 60% dari ukuran otaknya saat dewasa nanti.

Kedua fakta ini tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya, mulai dari pertumbuhan tinggi dan berat badannya, sisi motorik sensorik, serta kognitif. Untuk itu, Ibu perlu memperhatikan nutrisi tepat di setiap asupan makanan sehari-hari, terutama jika si Kecil termasuk anak yang memiliki permasalahan makan.

Tapi, bagaimana cara memastikan nutrisi untuk anak 1 tahun terpenuhi bila si Kecil sendiri enggan untuk melahap tiap suapan yang Ibu berikan, ya? Yuk, Bu, simak tips mudahnya supaya si Kecil lebih lahap ketika makan serta memastikan nutrisinya terpenuhi!

Pahami Alasan si Kecil Enggan Makan

Alasan si Kecil tidak bersemangat makan sangat bervariasi, beberapa diantaranya adalah memilih-milih jenis makanan, makan ketika tidak lapar, adanya gangguan kondisi kesehatan tertentu, atau mengasosiasikan makanan dengan perasaan yang negatif, seperti merasa terpaksa.

Memahami dari mana asalnya masalah yang dialami si Kecil dapat membantu Ibu nantinya. Pasalnya, solusi yang diberikan pun dapat menjadi spesifik dan juga optimal, sehingga kebutuhan nutrisi anak 1 tahun dapat terpenuhi.

Kenalkan dengan Variasi Makanan yang Baru

Gemar memilih-milih makanan disebabkan oleh preferensi si Kecil yang umumnya didasari oleh rasa atau tekstur makanan yang tidak disukainya. Jika si Kecil memiliki kebiasaan seperti ini, kenalkanlah ia pada variasi makanan yang sehat (seperti aneka protein hewani, sayuran, kacang, dan umbi-umbian) dengan menyediakan makanan tersebut di piringnya, entah itu dengan jumlah yang sedikit maupun yang banyak.

Namun, agar hubungan dengan makanan yang dimiliki semakin baik, hindari memaksa si Kecil untuk menghabiskannya. Langkah yang lebih tepat adalah dengan mendukungnya mencoba makanan baru secara perlahan dan sedikit demi sedikit. Tapi, pastikan cara tersebut tetap dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan nutrisi anak 1 tahun pada umumnya.

Hindari Distraksi saat Makan

Apakah si Kecil gemar melakukan kegiatan lainnya saat makan? Jika jawabannya adalah iya, cobalah untuk mengurangi distraksi, misalnya dengan mematikan TV atau perangkat elektronik lain. Namun, sebagai gantinya, ajak si Kecil untuk mengobrol dan fokus dengan hubungan keluarga agar pengalaman saat makan dapat menjadi positif.

Ajak si Kecil Menyiapkan Makanannya

Usia 1 tahun lebih termasuk cukup dini dan si Kecil mungkin tidak dapat terlalu terlibat. Tetapi, dengan kreativitas, Ibu dapat mengajaknya melakukan hal tersebut, meskipun terlihat sederhana. Beberapa contohnya adalah dengan membiarkan si Kecil memilih makanan, menuang minuman, dan mengambil makanan dengan bimbingan dari Ibu.

Makan Sedikit, Tapi Sering

Solusi memenuhi asupan nutrisi untuk anak 1 tahun ini bisa dilakukan bila si Kecil suka makan, namun dalam jumlah yang sedikit. Sebaliknya, bila diberi makanan terlalu banyak, ia mungkin justru menutup mulutnya dan merasa tidak sanggup untuk makan semuanya.

Jika contoh di atas menggambarkan situasi si Kecil, berikan dia makanan dalam porsi yang lebih sedikit, tapi dengan frekuensi yang lebih, misalnya setiap 2-3 jam sekali dengan waktu maksimal 30 menit setiap makan. Tips ini juga berlaku saat Ibu memutuskan untuk memberikannya camilan.

Demikian tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi nutrisi untuk anak 1 tahun. Pada dasarnya, menjadi fleksibel dan beradaptasi dengan gaya makan si Kecil adalah kunci dalam pemenuhan nutrisinya. Tapi, seiring berjalannya waktu, ubahlah kebiasaan makannya secara perlahan dan dengan sikap yang positif agar hubungan si Kecil dengan makanan menjadi baik.

Kemudian, Ibu dapat berkonsultasi dengan tenaga kesehatan atau Dokter Anak kesayangan Ibu dan si Kecil untuk pemberian PediaComplete (sebelumnya dikenal dengan Pediasure Complete) untuk anak berumur 1-10 tahun.

Jika setelah berkonsultasi Ibu direkomendasikan untuk memberikan nutrisi tinggi kalori supaya mengejar tumbuh si Kecil, jagan lupa untuk membaca label kemasan sebelum membeli produk. Untuk informasi seputar varian dan kandungan yang ada dalam PediaComplete (sebelumnya bernama Pediasure Complete), kunjungi situs resmi kami Pediasure.

 

Sumber:

Healthline: What Can You Do If Your Child Refuses to Eat Anything?. (2019). Retrieved 21 July, 2021 from https://www.healthline.com/health/parenting/child-refuses-to-eat-anything/

WebMD: Baby Development: Your 1-Year-Old. (2019). Retrieved 21 July, 2021 from https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-1-year-old

Why children grow up having unhealthy relationships with food and how to avoid them. (2020). Retrieved 21 July, 2021 from https://www.childrensnutrition.co.uk/full-blog/unhealthy-relationship-with-food

The Role of Nutrition in Brain Development: The Golden Opportunity of the “First 1000 Days”. (2016). Retrieved 21 July, 2021 from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4981537/

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop