5 Tips Penting Memilih Susu Tanpa Gula Tambahan

5 Tips Penting Memilih Susu Tanpa Gula Tambahan

1 bulan yang lalu
Dibaca 1,03 ribu

 

Konsumsi gula kerap diidentikkan sebagai pemicu berbagai masalah kesehatan. Konsumsi gula berlebihan pada anak-anak juga diketahui dapat memberi berbagai masalah kesehatan.

Sayangnya, anak-anak memang dekat dengan berbagai jenis makanan manis. Salah satunya, yang kerap tak disadari adalah gula tambahan dari mengonsumsi susu formula anak.

Mengenal Susu Tanpa Gula Tambahan

Saat ini sudah banyak produk susu bubuk yang memiliki memiliki kandungan rendah lemak, rendah gula atau bahkan tanpa gula tambahan.

Akan tetapi, apa pentingnya memilih susu low fat dan susu tanpa gula untuk anak? Apakah susu rendah lemak membantu menurunkan kolesterol seperti yang dialami orang dewasa? Apakah ada susu tanpa gula yang aman dikonsumsi anak?

Melansir dari laman Harvard T.H. Chan, mengonsumsi makanan dan minuman dengan gula tambahan yang tinggi selama masa kanak-kanak berhubungan erat dengan pengembangan faktor risiko penyakit jantung, termasuk obesitas dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, Asosiasi Profesional Pediatris Amerika (AAP) juga menyebut terlalu banyak konsumsi gula membuat anak berisiko mengalami kerusakan gigi, kolesterol tinggi, diabetes, hingga perlemakan hati.

Dalam rekomendasinya, the American Heart Association menyebutkan batas maksimal konsumsi gula untuk anak berusia 2-18 tahun adalah kurang dari 24 gram atau sekitar 6 sendok teh.

Dengan memberi susu dengan dosis tersebut, Anda bisa menjaga kadar gula darah normal di tubuh anak. Cara ini bisa menjadi salah satu trik sederhana agar anak tidak melalui tes gula darah yang bisa membuat anak kesakitan.

Karena susu menjadi salah satu sumber nutrisi anak yang penting untuk dikonsumsi sehari-hari, sangat penting untuk memilih susu tanpa gula tambahan agar bisa membatasi jumlah gula yang dikonsumsi anak.

Selain itu, mengutip dari Healthline, susu bebas gula tambahan merupakan sumber karbohidrat terbaik, yang membantu menutrisi otak dan tubuh, serta mungkin memberikan berbagai manfaat lain. Artinya, minum susu bebas gula sangat baik dan aman untuk anak.

Sebaliknya, minum susu dengan gula tambahan dapat memberikan efek negatif pada kesehatan.

Baca Juga: Perbaiki Nutrisi Dengan Susu Penambah Nafsu Makan

Tips Memilih Susu Tanpa Gula Tambahan

Lalu, bagaimana cara mendapat susu tanpa gula tambahan?

Ada beberapa tips untuk memilih susu bebas gula tambahan dan tetap mendapatkan kandungan terbaik vitamin dan mineralnya, yaitu:

1. Baca tabel nutrisi pada kemasan susu formula anak

Jumlah kandungan gula tambahan biasanya dituliskan secara eksplisit dalam bentuk gram atau persen dari angka kecukupan gizi.

2. Baca komposisi pada kemasan susu formula anak

Anda mungkin tidak langsung paham bagian mana dari tabel nutrisi yang merupakan kandungan gula. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membaca komposisi susu formula anak yang akan Anda pilih.

3. Kenali nama alternatif atau nama lain dari gula

Perlu dicatat bahwa nama lain yang mungkin tertulis di kemasan adalah molasses, ekstrak jus buah, madu, atau sirup.

4. Perhatikan brand dari produk susu formula

Pilihlah brand yang sudah berkomitmen dan bereputasi baik dalam menjaga produk susu formula anak mereka bebas dari gula.

5. Pilihlah susu formula tanpa rasa atau plain

Biasanya, susu formula dengan rasa tertentu seperti cokelat memiliki gula tambahan. Karena itu, Anda bisa memilih susu formula untuk anak yang tidak memiliki rasa.

Pemilihan rasa ini sangat penting terutama jika Anda benar-benar ingin mencari produk susu formula anak tanpa gula tambahan.

Nah, saat ini Pediasure hadir dengan rasa classic milky. Varian produk Pediasure ini memiliki kandungan 0 gram sukrosa atau tanpa Sukrosa tambahan di dalamnya. Pediasure classic milky juga dilengkapi vitamin K2 dan Arginine yang dapat membantu mendukung kekuatan tulang dan pertumbuhan anak.

Tak hanya itu, Pediasure rasa classic milky juga mengandung 14 vitamin dan 10 mineral, DHA, Omega 3 & Omega 6, serta campuran sinbiotik yang unik (Prebiotik FOS & Probiotik L. acidophilus) yang baik bagi perkembangan otak, daya tahan, serta saluran cerna anak.

Pediasure Classic milky memiliki rasa enak meski tanpa Sukrosa tambahan, bisa dikonsumsi untuk anak selepas ASI, 1 hingga 10 tahun.

Pediasure classic milky disarankan dikonsumsi 2 kali sehari. Untuk mengonsumsinya, Anda harus memperhatikan bagaimana penyajiannya. Untuk membuat Pediasure classic milky, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

     Siapkan 190 ml air matang hangat atau dingin ke dalam gelas

     Tambahkan 4 sendok takar Pediasure classic milky

     Aduk hingga tercampur merata

Dengan cara di atas, akan diperoleh sekitar 218 ml asupan nutrisi tambahan yang lengkap dan siap dikonsumsi oleh si Kecil.

 

 

Sumber:

     How Much Sugar Is in Milk? - Healthline. Retrieved 23 April 2022, from https://www.healthline.com/nutrition/sugar-in-milk#bottom-line

     Healthy kids ‘sweet enough’ without added sugars - Harvard T.H. Chan School of Public Health, Retrieved 23 April 2022, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/2016/08/23/aha-added-sugar-limits-children/

     Added sugar in kids’ diets: How much is too much? - AAP News. Retrieved, 23 April 2022, from https://publications.aap.org/aapnews/news/7331

     IS SUGAR ADDED TO MILK? - Dairy Australia. Retrieved, 23 April 2022, from https://www.dairy.com.au/dairy-matters/you-ask-we-answer/is-sugar-added-to-milk

 

Baca Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya   
Ibu Harus Tahu Berapa Banyak Protein yang Dibutuhkan Si Kecil
Ibu Harus Tahu Berapa Banyak Protein yang Dibutuhkan Si Kecil
protein, sehingga tidak heran terdapat jumlah protein yang perlu si Kecil penuhi setiap harinya.
1 tahun yang lalu
Apa, sih, Pentingnya Memberi Susu Formula Sebagai Nutrisi Tambahan Pada Anak?
Apa, sih, Pentingnya Memberi Susu Formula Sebagai Nutrisi Tambahan Pada Anak?
Masa kecil adalah waktu bagi perkembangan dan pertumbuhan bagi buah hati. Oleh itu, sebagai asupan tambahan, PediaSure untuk anak dapat jadi pilihan!
8 bulan yang lalu
Seru! Inilah 5 Aktivitas Anak untuk Bantu Tumbuhkan Perilaku Empati
Seru! Inilah 5 Aktivitas Anak untuk Bantu Tumbuhkan Perilaku Empati
Penasaran apa saja aktivitas anak yang dapat Ibu lakukan untuk menumbuhkan perilaku empati? Simak penjelasannya di bawah ini!
5 bulan yang lalu