Tips Kesehatan Anak untuk Jaga Postur Tubuh & Kesehatan Tulangnya

Tips Kesehatan Anak untuk Jaga Postur Tubuh & Kesehatan Tulangnya

1 minggu yang lalu

 

Pada masa pertumbuhan, banyak aspek yang menjadi fondasi yang dapat menentukan pencapaian pertumbuhan anak di masa depan. Salah satunya adalah postur tubuh. Ada beberapa hal yang dapat mengganggu postur tubuh anak seperti membawa tas terlalu berat, duduk di kursi yang terlalu pendek, atau kesalahan posisi tidur. Pasalnya, hal-hal tersebut seringkali luput dari perhatian dan cenderung diabaikan sehingga berdampak buruk bagi postur dan kesehatan tulang si Kecil di masa depan.

Postur yang tidak tepat dapat memicu ketegangan pada otot, ligamen, sendi serta tulang. Pada anak-anak dalam masa pertumbuhan, postur yang buruk dapat menghasilkan abnormalitas pada posisi dan pertumbuhan tulang belakang, dan meningkatnya kemungkinan terjadinya arthritis di masa depan.

Sendi tulang belakang yang tegang dapat menyebabkan degenerasi sendi dan arthritis tulang belakang. Makanya postur yang tepat dapat membantu merilekskan otot punggung, mengurangi rasa lelah, sakit punggung, dan lainnya. Postur yang tepat juga dapat meluruskan tulang dan sendi di tulang belakang, mengurangi resiko degenerasi dan arthritis.

 

Apa Saja Tips Kesehatan Anak Untuk Jaga Postur dan Tulang?

Postur yang baik bukan hanya terkait dengan duduk tegak lurus atau berdiri. Tapi, postur yang baik hadir dalam setiap gerakan tubuh. Untuk itu, banyak gerakan kecil yang sering tidak disadari ternyata menjadi tanda bahwa postur si Kecil kurang baik.

Misal selalu bersandar ke meja ketika duduk atau berdiri, atau gerakannya ketika jalan sedikit bungkuk. Ternyata terdapat beberapa tips kesehatan anak yang bisa dilakukan di rumah untuk memperbaiki postur, antara lain:

  1. Duduk di atas gym ball atau kursi yang bergoyang saat beraktivitas. Dengan duduk di atas kursi yang bergerak dinamis dapat memperbaiki kekuatan otot inti dan keseimbangan.
  2. Olahraga untuk memperkuat otot inti seperti sit up, planks, tengkurap di atas gym ball sambil bermain games atau aktivitas yang menyenangkan.
  3. Olahraga untuk memperkuat otot punggung seperti melakukan pose superman. Caranya, berbaring tengkurap dengan tangan diregangkan ke depan atau ke samping, lalu angkat kepala, dada, paha dan kaki secara bersamaan dengan wajah melihat ke bawah menyisakan perut dan panggul sebagai penopang tubuh. Sebagai tambahan, biarkan si Kecil menggunakan kostum super hero favorit agar tips kesehatan anak ini dapat dilakukan dengan lebih  menyenangkan.
  4. Ajak si Kecil berolahraga aerobik yang dapat meningkatkan kebugaran seperti bersepeda, jalan kaki, berenang, dan lain-lain.
  5. Ajari si Kecil untuk beristirahat sebentar setelah duduk dalam waktu yang lama untuk stretching atau meregangkan badan.

Selain aktivitas di atas, pemahaman akan postur yang tepat bukan hanya tanggung jawab orang tua tapi juga anak-anak. Pastikan mereka mengetahui postur yang baik sehingga ketika diingatkan, mereka akan mengubah posturnya menjadi lebih benar. Ingatkan dengan halus jika posturnya salah dan puji mereka ketika posturnya benar.

Dengan aktivitas yang dapat memperkuat otot bahu dan punggung, seiring dengan bertambahnya usia mereka, si Kecil akan mampu berpostur dengan benar. Untuk aktivitas sehari-hari, berinvestasi untuk membeli kursi ukuran anak-anak yang tingginya sesuai dengan kebutuhan aktivitas mereka adalah investasi baik.

Baca Juga: Asupan Makanan Penambah Berat Anak Yang Tepat

Hal Lain yang Membuat Postur Terganggu

Perlu diingat juga ya Ibu, bahwa postur yang kurang baik tidak selalu disebabkan oleh kebiasaan yang buruk atau keengganan si Kecil untuk memiliki postur yang benar. Di antara faktor-faktor lain yang menyebabkan gangguan postur antara lain:

-          Penambahan berat badan

-          Kondisi genetik

-          Otot punggung yang lemah

-          Kasur yang tidak cocok

-          Tas ransel yang berat

Untuk kondisi-kondisi tertentu, konsultasi dengan dokter memang dibutuhkan apalagi jika memang terdapat abnormalitas yang tampak. Namun, hal yang tak kalah penting adalah pemenuhan nutrisi tepat dan seimbang untuk mendukung kesehatan tulang, otot dan sendi-sendi terutama di bagian punggung, bahu, serta tulang belakang si Kecil.

Selain tips kesehatan anak di atas, asupan nutrisi juga tidak kalah penting untuk menopang postur serta kesehatan tulang si Kecil. Dengan kebutuhan nutrisi dan gizi yang cukup dan seimbang, si Kecil dapat tumbuh dengan tulang yang sehat. Dapatkan asupan nutrisi dari makanan serta PediaSure.

Kandungan nutrisi pada segelas PediaSure disertai konsumsi makanan bergizi dapat mendukung pertumbuhan tulang. Dilengkapi dengan 3 sumber protein seperti kasein, whey, dan isolat soya, PediaSure memiliki berbagai varian yang rasanya disukai anak-anak, seperti PediaSure Madu, PediaSure Vanilla, dan PediaSure Cokelat. Tak ketinggalan, Ibu juga bisa memberikan asupan nutrisi padat kalori untuk bantu pertumbuhan si Kecil.

PediaSure Complete, yang kini telah berganti nama menjadi PediaComplete merupakan nutrisi tambahan bisa dijadikan pilihan dengan kandungan yang telah disesuaikan rekomendasi WHO. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi website Pediasure dan konsultasikan dengan dokter untuk nutrisi tambahan terbaik.

 

 

Sumber:

Tips to Improve Your Child's Posture - Childrens.com. Retrieved on December 6 2021, from https://www.childrens.com/health-wellness/good-posture-builds-back-strength-now-and-reduces-health-risks-later

5 Activities to Improve Your Child's Posture - LLA Therapy. Retrieved on December 6 2021, from https://llatherapy.org/5-activities-to-improve-your-childs-posture/ 

How to do the Superman Pose | Back Pain | Florida - BioSpine - BioSpine Institute (2018). Retrieved on December 6 2021, from https://www.biospine.com/how-to-do-the-superman-pose/ 

 

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop