Yuk Lebih Peka! 4 Hal Ini Bisa Hambat Tumbuh Kembang Si Kecil

Yuk Lebih Peka! 4 Hal Ini Bisa Hambat Tumbuh Kembang Si Kecil

11 bulan yang lalu

“Apakah anak sudah tumbuh besar sesuai dengan tahapan usianya?”

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi tumbuh kembang anak. Ada yang berasal dari faktor eksternal seperti lingkungan, ada pula faktor internal seperti asupan gizi. Tanpa adanya dukungan optimal dari orangtua, tumbuh kembang anak akan terhambat.

Oleh karena itu, untuk menjaga agar tumbuh kembang anak tidak terhambat, perhatikanlah lima hal berikut ini. Seberapa serius pengaruhnya, ya? Intip ulasannya!

1. Kebersihan lingkungan sekitar yang kurang terjaga

Sepintas sih seperti terlihat tidak ada korelasi antara kebersihan lingkungan dengan tumbuh kembang anak, tetapi percayalah, kualitas kebersihan lingkungan tempat mereka berada pun mendukung perkembangannya. Semakin buruk tingkat kebersihannya, maka si Kecil semakin ‘dekat’ dengan risiko penyakit. Jika sistem kekebalan tubuh anak sedang menurun, maka mereka bisa lebih mudah terpapar berbagai macam penyakit berulang yang dapat menghambat pertumbuhannya. Misalnya seperti penyakit diare yang diakibatkan oleh sanitasi dan sumber air yang buruk.

Maka dari itu, Ibu perlu membangun daya tahan tubuh anak sejak dini. Salah satunya adalah dengan memberikan susu PediaSure secara rutin. Berdasarkan hasil survey Home Tester Club Indonesia kepada 308 responden setelah mengonsumsi PediaSure selama Desember 2019 - Maret 2020, ternyata 9 dari 10 Ibu home tester setuju PediaSure dukung daya tahan si Kecil lebih baik lho, Bu. Jadi, yuk jaga selalu daya tahan tubuh anak dengan memberikan susu PediaSure ya! 

2. Hubungan sosial anak kurang mendukung

Meski kebersihan lingkungan berperan penting dalam pertumbuhannya, bukan berarti hubungan sosial orangtua hanya menyumbang sekian persen. Pertumbuhan anak tidak hanya dilihat secara fisik, namun juga secara psikologis. Keingintahuan mereka pasti akan terus bergejolak seiring dengan bertambahnya usia, jadi jangan heran kalau mereka sangat membutuhkan stimulasi dalam masa-masa pertumbuhannya.

Contohnya seperti dengan permainan-permainan yang merangsang kecerdasannya seperti puzzle, building block, rubik, dan lain sebagainya. Selain itu, Ibu juga bisa memberikan stimulasi untuk dukung pertumbuhan fisiknya lho. Contohnya seperti mengajaknya bermain basket, berenang, lompat tali, atau olahraga lainnya yang bisa membuatnya lebih cepat tinggi.

Maka dari itu, momen bersama dengan si Kecil adalah waktu berharga yang mendukung tumbuh kembangnya.

3. Memberikan kesempatan anak untuk belajar menyelesaikan masalahnya sendiri

Meski mereka masih kecil, bukan berarti semuanya menjadi tanggung jawab orangtua. Sesekali biarkan mereka untuk melakukan segala sesuatunya seorang diri (mandiri). Tapi ini bukan berarti orangtua lepas kontrol ya, setidaknya masih mengawasi bagaimana anak mengatasi masalahnya sendiri. Jika terlalu tanggap memberikan bantuan, ini justru berpotensi membuatnya menjadi manja karena merasa pasti ada seseorang yang akan selalu membantunya.

4. Kurang ‘perhatian’ dengan keseimbangan asupan nutrisi anak

Nutrisi memainkan peran penting untuk pertumbuhan anak di 5 tahun pertama. Maka dari itu, Ibu perlu memerhatikan apa saja makanan dan minuman yang anak konsumsi selama masa pertumbuhannya. Pastikan sehat, bergizi lengkap, dan seimbang sesuai dengan kebutuhan kalori dalam setiap tahapan usia ya. Jika diperlukan, Ibu juga bisa memberikan susu pertumbuhan sebagai dukungan nutrisi. Tidak hanya untuk pertumbuhan tulang dan otot anak, susu pertumbuhan juga bermanfaat untuk perkembangan kinerja otak. Susu pertumbuhan juga baik untuk dukung pertumbuhan dan mempertahankan kekuatan gigi anak lho, Bu.

Jadi, pastikan Ibu berikan anak makanan bergizi dan lengkapi dengan PediaSure 2x sehari ya. Sebab, PediaSure mengandung 3 sumber bahan protein, 12 vitamin & 8 mineral, omega 3&6, serta tinggi kalsium untuk dukung pertumbuhan nyata anak. Untuk informasi lebih jelas soal nutrisi susu PediaSure, jangan lupa untuk baca label di kemasan sebelum membeli ya, Bu!

Kini tidak perlu khawatir kalau masalah makan anak mempengaruhi perkembangan pertumbuhannya, PediaSure bantu penuhi nutrisi harian dan dukung pertumbuhan optimal Si Kecil!

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop