Ibu, Yuk Perhatikan Tahap Perkembangan Motorik & Kognitif Anak

Ibu, Yuk Perhatikan Tahap Perkembangan Motorik & Kognitif Anak

2 minggu yang lalu

Sebagai orang tua, Ibu perlu memperhatikan tahap perkembangan pada si Kecil, baik perkembangan motorik maupun kognitif. Pastikan bahwa tahapan perkembangan anak sesuai dengan umurnya, tidak ada yang terlewat, dan berlangsung dengan optimal. Tahapan perkembangan anak baik motorik maupun kognitif akan dijelaskan di bawah ini.

Perkembangan Kognitif

Perkembangan kognitif adalah berkembangnya proses berpikir, seperti mengingat, memecahkan masalah, dan pengambilan keputusan. Masa perkembangan ini berlangsung mulai dari masa kanak-kanak hingga masa remaja dan dewasa. Area perkembangan kognitif meliputi pemrosesan informasi, kecerdasan, penalaran, perkembangan bahasa, dan daya ingat. Tahapan perkembangan anak secara kognitif dapat melalui fase-fase berikut:

  1. Sensorimotor

Tahap ini dilalui ketika anak masih bayi. Pada masa ini, pengetahuan anak akan dunia terbatas dan tetap berkembang, karena pengetahuan tersebut didapatkan melalui pengalaman-pengalamannya. Pengalaman ini berupa interaksi dengan orang di sekitarnya seperti keluarga dan pengalaman fisik.

  1. Pra-operasional

Tahap perkembangan anak yang satu ini dilalui saat anak menginjak usia balita atau masa kanak-kanak awal. Biasanya pengetahuan pada anak di usia balita masih menggunakan simbol dengan pembentukan memori dan imajinasi yang dikembangkan. Di masa ini, egosentris pada anak juga mendominasi.

  1. Operasional Konkret

Hal ini dilalui ketika anak memasuki usia remaja hingga dewasa awal. Anak sudah mampu menyelesaikan permasalahan matematika serta mulai berpikir secara logis dan sistematis.

  1. Operasional Formal

Terakhir, fase operasional formal akan dialami ketika anak sudah dewasa. Pemikiran yang dimiliki pada orang usia tersebut yaitu tetap logis namun berkaitan dengan konsep yang abstrak.

Tahap penting yang sedang dilalui si Kecil adalah tahap sensorimotor atau pra-operasional. Di bawah ini akan dijelaskan perkembangan kognitif anak mulai dari usia 1 hingga 5 tahun, sehingga Ibu bisa mengetahui apakah perkembangan anak sudah sesuai atau belum.

1 tahun: Si Kecil mulai memahami beberapa pertanyaan dan mulai meminta afeksi secara fisik (cium)

2 tahun: Mengenal nama benda yang familiar, mampu mewarnai, berpartisipasi untuk main

3 tahun: Mulai bertanya dan berhitung hingga 10

4 tahun: Mulai mengenal lebih banyak kata, terutama namanya sendiri. Suka berpura-pura membaca atau menulis

5 tahun: Mencari tahu makna kata dan sudah bisa bercerita dengan cerita yang panjang

Perkembangan Motorik

Perkembangan fisik dan penguatan tulang, otot, kemampuan gerak merupakan bagian dari perkembangan motorik. Motorik pada anak terbagi menjadi dua, yaitu motorik halus dan motorik kasar. Motorik halus mencakup pergerakan kecil di tangan, kaki, bibir, dan lidah. Sedangkan motorik kasar berkaitan dengan cara anak merangkak, duduk, berjalan, hingga berlari.

Tahapan perkembangan anak secara motorik harus dipastikan bahwa berlangsung secara berurutan dan tidak ada yang terlewat. Perkembangan motorik anak ini mempengaruhi keseimbangannya. Selain keseimbangan, motorik ini juga mempengaruhi perkembangan fisik anak mulai dari pertumbuhan tinggi dan berat badannya.

Cara Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif dan Motorik Anak

Mengoptimalkan perkembangan kognitif pada si Kecil, dapat dilakukan dengan pemberian stimulasi dan pola asuh yang baik dari orang tua. Stimulasi dapat diberikan dengan menambah kosa kata baru pada si Kecil dan berikan pengetahuan-pengetahuan yang konkret, sehingga daya pikir anak akan terstimulasi sehingga dapat berkembang dengan baik. Untuk perkembangan motorik, si Kecil juga dapat diberikan stimulus berupa bermain puzzle, menggunting origami, menyusun balok, dan lain-lain.

Selain stimulus yang diberikan untuk mencapai perkembangan motorik dan kognitif yang optimal, nutrisi si Kecil harus juga dipenuhi. Pemenuhan nutrisi pada si Kecil dapat dilakukan dengan konsumsi PediaSure. Susu PediaSure untuk anak penting dalam mengoptimalkan perkembangan kognitif dan motorik serta menjaga imunitas mengandung 3 sumber protein, Omega 3 dan 6, AA DHA, 12 vitamin dan 8 mineral, Probiotik MCT15% dan tinggi kalsium. Susu ini memiliki berbagai varian, antara lain PediaSure Madu, PediaSure Vanilla, dan PediaSure Cokelat.

 

SUMBER:

What is Motor or Physical Development | Help Me Grow MN. (n.d.). Retrieved May 8, 2021, from https://helpmegrowmn.org/HMG/HelpfulRes/Articles/WhatMotorPhysicalDev/index.html

Cognitive Development - stages, meaning, average, Definition, Description, Common problems. (n.d.). Retrieved May 8, 2021, from http://www.healthofchildren.com/C/Cognitive-Development.html

Motorik Kasar vs Motorik Halus. (n.d.). Retrieved May 8, 2021, from https://www.parenting.co.id/balita/motorik+kasar+vs+motorik+halus

Tahapan Stimulasi yang Tepat untuk Perkembangan Anak. (n.d.). Retrieved May 8, 2021, from https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2700461/stimulasi-yang-tepat-sesuai-usia-anak

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop